Apa yang Menyebabkan Komputer Mati Sendiri

Apa yang Menyebabkan Komputer Mati Sendiri

 

Berjumpa lagi bersama thetectnologi, kali ini saya akan membaas mengenai apa yang membuat komputer tiba tiba mati dengan sendirinya. Komputer mati sendiri dapat membuat kita takut akan terjadinya hal yang tidak diinginkan bukan ?

Jantung bisa berhenti berdetak apabila kita sedang melakukan pekerjaan yang banyak pula. Hal itu membuat panik dan cemas apakah komputer tersebut mengalami kerusakan. Tetapi apabila hal tersebut terjadi hal yang pertama harus kita lakukan adalah menenangkan diri terlebih dahulu, lalu mencari cara kira kira permasalahan apa yang terjadi pada komputer kita.

Nah disini saya akan menjelaskan penyebab apa saja yang membuat komputer itu mati dengan sendirinya.

Overheating

Komputer yang mengalami overheating akan secara otomatis melakukan mati dengan sendirinya, hal ini dikarenakan untuk mencegah panas yang lebih pada komputer tersebut, contohnya seperti processor akan mematikan dirinya sendiri untuk mencegah panas yang berlebihan.

Overheating disebabkan dimana keadaan komputer mengalami panas yang berlebihan, antara lainnya :

  1. Debu yang sudah menumpuk

    Debu yang menumpuk dapat membuat saluran udara menjadi tertutup yang harusnya tempat keluar masuknya udara.
    Biasanya komponen yang berdebu harus dibersihkan adalah motherboard, kipas kabel kabel dan komponen lainnya.
    Untuk mengatasi hal tersebut dilakukanlah pembersihan secara rutin setidaknya 6 bulan sekali.

  2. Fan processor atau kipas yang rusak

    Setelah melakukan pembersihkan komponen coba periksa putaran kipasnya, apabila putarannya terlihat lambat atau bahkan tidak berputar hal itu membuat salah satu contoh kenapa komputer tiba tiba mati dengan sendirinya, belilah kipas baru yang sama seperti sebelumnya, karena apabila tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan juga.

  3. Pasta processor yang kering

    Apabila pasta pada processor kering hal ini membuat sulitnya menyalurkan panas dari processor ke heatsink, karena jika tidak disalurkan panasnya ke heatsink kipas tidak dapat mendingkinkan panasnya.

  4. Komputer yang bekerja terlalu berlebihan

    Ini adalah salah satu yang sering kenapa komputer selalu mati dengan sendirinya, biasanya komputer selalu dinyalakan dalam durasi yang lama dan digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat pula. Hal ini membuat komputer menjadi overheating.
    Saran saya adalah gunakan komputer sekiranya apabila sudah melakukan pekerjaan yang berat, dinginkan terlebih dahulu komputernya.

Komponen yang bermasalah

Komponen yang bermasalah dapat menyebabkan tidak efektifnya sistem bekerja, dalam hal ini dapat menyebabkan komputer melakukan mati dengan sendirinya.

Biasanya komponen yang bermasalah adalah :

  1. Power supply

    Biasanya terjadinya kerusakan pada power supply dikarenakan aliran listrik yang tidak stabil.

  2. Harddisk

    Apabila harddisk rusak dapat menyebabkan kerusakan sistem pada komputer, biasanya initerjadi karena virus atau terlalu penuh penyimpanannya.

  3. VGA

    Akibat VGA rusak adalah karena sudah terlalu tua atau juga karena overheating, hal tersebut membuat komputer menjadi bluescreen.

  4. Ram

    Ram dapat rusak biasanya akibat debu yang menempel di pin Ram ini menyebabkan komputer tidak menampilkan apapun di layar komputer.
    Cara membersihkan pin ram adalah menggunakan karet penghapus.

  5. Motherboard

    Terjadinya kerusakan pada motherboard bisa saja karena sircuit di dalam motherboard mengalami patah, utuk memperbaikinya agak sulit lebih baik menservicenya ke tempat komputer.

Oke itu tadi apa permasalah yang menyebabkan komputer mati dengan sendirinya dan juga bagaimana cara menyelesaikan masalahnya tersebut.

Sekian dari saya apabila adayang ingin bertanya silahkan berkomentar saja.
Salam dari thetectnologi.

 

loading...

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *